Rabu, 11 Januari 2017

Implementasi Smart City di Indonesia



"Membangun Smart City dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi"






Hai,para blogger..
Semoga sehat selalu ya, kali ini penulis akan mengusung Tema "Smart City di Indonesia" sebenarnya saya sedang ikut meramaikan Blog Competition yang diadakan PT GAMATECHNO IND. Oke,lanjut pada bahasan.. Caw!!

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, masyarakat urban dunia kini mengenal suatu istilah baru bernama Smart City. Sebenarnya apa itu smart city? Bagaimana konsep nya? Dan Bagaimana perkembangannya di Indonesia? Oke saya bahas satu persatu.

Apa itu Smart City?
Secara harfiah, smart city dapat diartikan sebagai "kota cerdas". Smart city adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya. 

Dikutip dari laman smartcityindonesia.org, sebuah kota dikatakan Smart apabila kota tersebut benar-benar dapat mengetahui keadaan kota di dalamnya, memahami permasalahan tersebut secara lebih mendalam, hingga mampu melakukan aksi terhadap permasalahan tersebut. 

Sedangkan dalam buku Pengenalan dan Pengembangan Smart City, kota cerdas didefinisikan sebagai sebuah konsep pengembangan dan pengelolaan kota dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menghubungkan, memonitor, dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan pemula mengenai strategi terbaik internet marketing yang mudah dimengerti di Online Shop, Website E-commerce, Blog, Social Media, StartUp .

Enam Smartcity Services
Dalam perkembangannya, ada enam layanan Smart City yang bisa dikembangkan di suatu kota, antara lain:


1. Smart Governance
Penyelenggaraan pelayanan publik berbasis teknologi infromasi yang memudahan interaksi pemerintah dengan warga dan sektor bisnis, serta pengambilan keputusan berbasis real time data.

2. Smart Economy
Layanan e-business dan e-commerce yang mendorong tingkat perekonomian masyarakat.

3. Smart Mobility
Penerapan sistem cerdas untuk mendukung layanan transportasi publik, logistik, dan kenyamanan bagi pengguna mobil, sepeda, dan pejalan kaki.

4. Smart Environment
Pemanfaatan sumber energi terbarukan, sitem monitor dan pengendalian polusi, green building.

5. Smart People
Masyarakat yang cerdas karena mendapatkan kesempatan pendidikan dan pengembangan skill yang luas dengan penerapan sistem dan teknologi.

6. Smart Living
Pola hidup atau lifestyle yang cerdas, sehat, dan aman, didukung kualitas lingkungan hunian yang baik.


Bagaimana dengan implementasi smart city di Indonesia? 
Beberapa kota di Indonesia yang sudah menerapkan konsep smart city, antara lain Jakarta, Bandung, Makasar dan Surabaya  Berikut keunggulan masing-masing kota dalam implementasi smart city:

1. Jakarta
Jakarta sedang berbenah dalam upaya penerapan pelayanan pemerintah menuju arah yang lebih baik dan terintegrasi dengan cara penerapan Smart City Lounge. Ruang tersebut merupakan pusat control untuk mengoprasikan smart city melalui TIK dan mampu menerima pengaduan masyarakat mengenai masalah sosial, macet, banjir, sampah, kriminalitas, pelayanan publik dan lain sebagainya.

Operations Room in Smart City Lounge Jakarta

2. Bandung
Bandung memiliki langkah serius untuk membangun Bandung Smart City dengan memanfaatkan TIK untuk melayani masyarakat dalam hal transportasi, bisnis, pendidikan, kesehatan, sistem pemerintah dan layanan publik. Bandung memiliki konsep smart city tersendiri, meliputi Hay U untuk perizinan online, SIP untuk rapor Camat oleh warga, citizen complaint online, Silakip untuk memonitoring kerja Pemkot dan penggunaan sosial media Twitter sebagai ajang komunikasi warga.

Walikota Bandung Uji Smart Card TMB, Bandung Smart Card solusi menekan uang kartal.



3. Makassar
Makasar memang memiliki pemikiran selangkah lebih maju dibanding kota lain di pulau Sulawesi. Makasar sudah menerapkan layanan publik dengan implementasi TIK sebagai bentuk dari smart city. Makasar telah mampu memantau kemacetan dan sistem pembayaran parkir online yang sudah on the track. Selain itu, Makasar juga sudah memiliki Makasar Smart Card yang bisa digunakan untuk kepentingan dalam urusan sistem pemerintahan dan pembayaran.

4. Surabaya
Surabaya mampu mengatur kemacetan dengan TIK. Salah satunya adalah konsep traffic light yang diatur dengan Closed Circuit Televition (CCTV) dan Integrated Traffic System Management, di mana ketika antrean panjang di depan lampu lalu lintas, maka secara otomatis lampu berwarna merah akan berjalan lebih pendek. Surabaya juga telah menggunakan sistem pembayaran pegawai negeri sipil dan pengelolaan Puskesmas dengan pemanfaatan TIK. Selain itu, Surabaya juga menerapkan TIK dalam sistem pendidikan.

Dari daftar kota yang tercatat telah mengaplikasikan smart city, Bandung berhasil mencapai peringkat 6 besar dunia dalam Inovasi Smart City dari World Smart City Organization 2015, dengan mengusung Connected Citizens Encouraging participatory governance for smarter urban dynamics.

Semoga tulisan saya bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar