Rabu, 03 Mei 2017

INTROVERT Si Penulis Kritis

Hay..
Selamat siang
Actually,saya mau mengulas tentang bagaimana si introvert ini berkarya dan berkreasi. Check it out!


Secara garis besar, kepribadian manusia dibedakan menjadi dua, Extrovert dan Introvert. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika ditanya mana yang lebih baik? Jawabannya tidak ada, karena semuanya sama. Sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kurang lebih hanya 25% dari jumlah penduduk bumi ini yang memiliki kepribadian introvert. Meskipun introvert kelompok yang minoritas mereka merupakan kelompok mayoritas bagi orang-orang berbakat (Nicole Kidman). 

Seorang Introvert adalah tipe pemikir. Dia lebih memilih membicarakan hal-hal substantif dan informatif ketimbang obrolan ringan. Lebih suka membahas sesuatu yang berat seperti kehidupan, ide, teori atau tujuan hidup. Tapi dia bisa menjadi pendengar yang baik. Artinya, jika seseorang membicarakan hal ringan, dia mungkin tidak bisa terlibat dalam pembahasan itu. 

Introvert tidak akan berbicara kecuali memang perlu dibicarakan. Mereka tidak suka berbasa-basi.

Introvert cenderung lebih suka untuk berkomunikasi lewat tulisan daripada lisan. Misalnya untuk mengklarifikasi atau menjelaskan sesuatu melalui tulisan. Entah itu menulis di blog, akun media sosial ataupun menulis di buku.Dengan semua kelebihan itu, berpotensi banget jadi penulis kritis, tentang apa pun itu.

Ada beberapa profesi yang cocok dan dominan untuk seorang introvert :

Translator

Pekerjaan sebagai seorang translator tentu saja harus dikerjakan secara fokus dan sendiri. Maka dari itu, pekerjaan ini juga cocok bagi kamu yang introvert. Kamu tak perlu berkomunikasi dengan orang lain, karena titik fokus hanya pada dokumen yang perlu dikerjakan. Dan sekarang juga ada pekerjaan translator via online, kamu bisa juga memanfaatkannya

Penulis

Kamu suka menulis diary atau artikel di blog pribadimu? wah bagus, berarti kamu bisa berkarir dan berkarya dibidang yang sama yaitu menjadi seorang penulis. Kamu bisa melamar pekerjaan disebuah perusahaan dibidang penerbitan buku atau kamu juga bisa bekerja sama menerbitkan buku hasil karangan dirimu sendiri lho, asyik kan kamu jadi bisa mengembangkan hobi sekaligus menghasilkan uang.


Dan saya percaya tulisan ini semua terbukti, karena saya juga introvert. Ga pengen eksis di mata teman-teman, cenderung ga banyak omong, tapi saya memperhatikan setiap hal kecil dengan detail, saya juga ga punya banyak teman yang saya percaya hehe.. Entah kenapa, i think it's enough.. Bye bye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar