Minggu, 16 April 2017

Tips Bikin Rumah Hunian Kamu Makin Nyaman dan Kekinian


Rumah yang nyaman merupakan impian bagi semua orang, bahkan semua keluarga. Rumah yang nyaman akan membuat penghuninya betah berlama-lama tinggal dirumah. Banyak orang tua yang rela mengeluarkan banyak uang demi memperindah rumah agar nyaman untuk di tempati. Hal ini dilakukan agar semua anggota keluarga terutama anak-anak lebih betah tinggal di rumah, daripada keluyuran di luar. Tentu hal ini akan menciptakan rasa aman dan nyaman.
Terkadang seseorang mengeluhkan ukuran rumahnya yang kecil, sehingga akan sulit untuk di atur agar nyaman untuk di tinggali. Padahal jika penghuni rumah tersebut pandai dalam mengatur tata letak dan efisiensi perabotan, maka akan mungkin jika rumah yang kecil tersebut akan nyaman untuk ditinggali. 


Sebenarnya banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk membuat rumah menjadi nyaman, mulai dari cara yang mudah dengan biaya yang murah, sampai dengan cara yang rumit dengan biaya yang tidak sedikit. Nah, disini saya akan berbagi tips membuat rumah menjadi nyaman:

1. Organisasi ruang harus tertata dengan baik. Untuk itu beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

A. Pemisahan antar kelompok ruangan harus jelas, misalnya pemisahan antara kelompok ruangan servis, ruang pribadi, ruang semiumum, dan ruang umum.
B. Komunikasi dari satu ruangan ke ruangan lainnya harus mudah dan lancar.
C. Sirkulasi antar ruang juga harus mudah dan lancar, terutama ketika harus memasukkan barang ke dalam ruangan.

2. Penggunaan finishing sedapat-dapatnya memakai dasar yang berasal dari alam.


3. Pencahayaan, baik alami  maupun buatan, harus dirancang dengan cermat penataannya supaya pandangan terhadap objek di dalam rumah dapat tercapai dengan baik.


4. Usahakan ventilasi dan cahaya alam cukup memadai agar sirkulasi udara dan cahaya dapat tetap terjaga dengan baik.


Pilihan penggunaan luang lebar terbuka dan cermin besar,  juga dapat mendukung terciptanya sebuah rumah nyaman. Penghuni dapat membebaskan pandangan pada sebuah ruang lebar terbuka seperti area taman didalam rumah, pada saat-saat tertentu, baik itu saat penat, saat bermain bersama keluarga, di pagi, siang, bahkan di malam hari.

Sedangkan cermin besar berfungsi untuk memanipulasi ruangan agar tampak lebih luas. Tempatkan cermin besar pada salah satu sisi ruang yang berhadapan dengan jendela atau ruang terbuka, sehingga akan didapatkan pantuan ruang luar yang luas. Sertakan pula sentuhan tanaman hias di dalam rumah untuk dapat memberikan kesejukan. Beberapa macam Tanaman hias hydrogel juga dapat dijadikan pilihan sebagai tanaman hias yang dapat membuat rumah tetap bersih dari butiran tanah.


Pertimbangkan estetika rumah harus berkaitan dengan beberapa faktor, antara lain keseimbangan, gradasi, ukuran, bentuk, warna, jenis bahan, pola, detail, bahkan dengan pernak perniknya agar tercapai suatu keharmonisan.

Semoga bermanfaat tips dari saya 👌👌

Tidak ada komentar:

Posting Komentar