Selasa, 03 Januari 2017

Pahit Manis Usahaku PPA BCA

"Gagal Bukan Akhir Segalanya"

Hohoho..
Selamat siang,

Kali ini aku mau ceritain bagaimana pengalaman ku ikut PPA BCA, kamu taukan PPA BCA? Salah satu kegiatan CSR dari Bank BCA kasih beasiswa full selama 1.5 tahun buat belajar seputar akutansi info lbh lanjut 
Tapi ga gampang buat dapetinnya, apalagi saingannya ribuan.

Febuari 2014, ada sms masuk dari BCA kalo aku diundang buat psikotest di Slipi jam 8 pagi, Wisma Asia. Kalau kamu dari arah cawang atau Bekasi,kamu bisa naik Busway jurusan Grogol turun di Halte Slipi kemanggisan tinggal jalan kaki deh dari situ. Sainganku banyak waktu itu ratusan mungkin, tapi ga bikin semangat ku kendor. Banyak chinesse gitu yang dianter papa mama mereka.

Soal nya seputar psikotest biasa, hitungan, menghitung balok yang tersusun, tapi tenang ga ada kraepelin kok. Ternyata psikotest itu ada babak kedua,babak penyisihan diambil 10 anak dari ratusan itu. Namanya dipajang di kertas selembar di kaca.

Tenang kita dikasih makan kok, nasi ayam goreng, dan capcay dalam bentuk nasi box. Flashback aku bisa daftar PPA BCA tuh berawal dari iseng nulis lamaran,berkas semua lengkap transkrip raport kelas X,XI,XII ijazah,skhun,ktp,bahkan skck juga aku cantumin, aku masukin ke amplop coklat,aku tulis nama ku, alamat, no handphone. Dan alamat gedung training BCA di slipi. 

HUMAN RESOURCES DIVISION
Recruitment Division
Wisma Asia I, Lt. 21
Jl.S.Parman Kav.79 – Jakarta 11420
UP PPA BCA

Aku titipin di bapak ku, maklum beliau kan Driver Taxi BlueBird jadi biasa keliling jakarta,sekalian gitu. Eh bener bapak ku masukin ke Gd.BCA Slipi.

Next lanjut ke cerita,Ternyata aku lolos ke psikotest 2 alhamdulilah,buah dari prihatin lari-larian takut telat di kereta,busway berdiri. Karena aku berangkat dari Bogor kan jauh sekali. Psikotest 2 diikuti 10 anak, ga kayak psikotest 1 yang kedua lebih ngandalin kepribadian kita yg akan di nilai HRD,kita suruh gambar pohon,manusia dengan lengkap, test pauli juga ada.psikotest 2 pun usai kita pulg,akan dikabari secepatnya.

Seminggu kemudian,aku dipanggil lagi buat test Interview HRD jam 11 siang, aku ke Gd.BCA Slipi, waow disana isinya orang eksekutif berdasi kemeja rapi, chinesse. Aku sedikit minder,lalu aku naik ke lantai 9 disana nunggu karena ga cuma aku yg interview ada 3-4 orang. Intervw HRD cukup ditanya soal keluarga,hobby, menyinggung sekolah. HRD nya perempuan,masih muda,dan cantik. Hehe :D aku pulang dan akan dikabari lagi. (PHP)

Aku masih duduk di stasiun TanjungBarat belum sampai rumah,sms dari BCA pun mendarat di Hp ku, aku diundang interview User. Seneng donk.. Esoknya aku brgkt pakai kemeja rapi, bertemu dengan bapak Winata.

Beda dengan Interview sebelumnya interview user ini aku agak grogi, pertanyaan seputar sekolah, motivasi, organisasi di sekolah dan masyarakat nah pas organisasi ini aku gak bisa jawab,karena ya emg aku orang nya ga pernah ikut organisasi gitu gitu,membuang waktu. Mending belajar di rumah. Hehe :D aku baru sadar organisasi di sekolah atau kampus itu penting, karena bisa mengembangkan diri kamu. Ya maybe.. 😑 😑

Terus sampai sekarang aku ga dikabarin lagi soal kelanjutannya, ya berarti aku gagal pdhl tinggal selangkah lagi dapet beasiswa hehe.. Tinggal medical check up.

But Everything will be Ok.. Aku jadi punya pengalaman kan. Kegagalan bukan hal pertama bagiku. Nyatanya life must go on, dan aku bisa lebih baik. Allah itu pasti ngasih yang terbaik.

Intinya kalo kamu gagal,jangan nangis coba lagi, atau coba jalan lain. Kalo orang jawa bilang legowo.. Tapi tetep semangat.

Oke sekian wejanganku ini. Ambil positive nya, negatifnya buang!!

Bye Bye.. ✋✋✋

--ooOoo--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar